Tentang NTI
Negeri Ternak Indonesia merupakan Organisasi Non Pemerintah yang ingin turut berpartisipasi dalam pengembangan peternaka...
Program: Pemberdayaan Peternak, Riset Peternakan Terapan, Pemasaran Ternak, Investasi untuk Peternak, Akikah Terbaik, Ku...
Special Program: Akikah Terbaik dan Kurban Terbaik.
RSS
Aug 15
Mengapa Peternakan Begitu Penting Bagi Kaum Miskin PDF Print E-mail

Mengapa peternakan menjadi hal yang demikian penting bagi demikian banyak pihak? Mengapa masalah ini masih akan tetap penting pada  pembangunan yang berpihak kepada kaum miskin dalam  beberapa tahun mendatang? Dan apa yang bisa diperbuat untuk menjadikan pengembangan usaha peternakan kecil bisa lebih menguntungkan, sehat dan berkelanjutan?

Lembaga Riset Peternakan Internasional (International Livestock Research Center/ILRI) mengangkat pertanyaan tersebut  dalam laporan resminya (ILRI Corporate Report 2010-2011)  yang berjudul: “Livestock Matter(s): Where Livestock can make difference” dan disiarkan 24 April 2012 lalu.

Di bagian pengantar dinyatakan betapa kegiatan peternakan tidak lepas dari  banyak sekali kegiatan penting dalam kehidupan. Yakni dalam upaya peningkatkan produksi pangan, sistem pertanian berkelanjutan, meningkatkan pendapatan kaum miskin, pengembangkan ‘keranjang roti’  (breadbasket) global baru,  pemanfaatan lebih baik sumberdaya tanah kering, konservasi keragaman hayati,  mengerem perubahan iklim, membantu petani menghadapi perubahan iklim, ataupun meningkatkan nutrisi dan kesehatan manusia.

Diungkapkan, dalam pertanian global peranan peternakan adalah sentral. Susu sapi merupakan produk pertanian paling penting, disusul beras, daging sapi, daging babi, ayam, gandum dan telur. Khusus di negara-negara berkembang, yang nomor satu adalah beras diikuti daging sapi, susu sapi dst.

Tetapi di dunia  ekonomi berkembang ini peternakan merupakan sektor pertanian yang tumbuh paling pesat akibat kenaikan permintaan. Pertumbuhannya pesat oleh pengembangan sistem pertanian campuran (mixed farming) skala kecil yang menggabungkan usaha tanaman dengan peternakan. Dalam pola pertanian campuran, serealia menyangga kehidupan keluarga sedangkan peternakan menjadi sumber uang tunai bagi kegiatan usaha keluarga.

Laporan ILRI memberi gambaran peran dan arti penting peternakan bagi petani kecil dan kaum miskin. Peternakan mengintensifkan produksi pertanian campuran, membuat produktif sumberdaya lahan kering, memberi nutrisi dan kesehatan bagi masyarakat dan bahkan membantu meredam dampak negatif perubahan iklim.

Di bagian dunia berkembang sekarang banyak sistem peternakan yang mengalami transformasi yang pesat. Namun kesenjangan produksi masih mencolok pada sector peternakan dibanding sektor pertanian tanaman pangan.  Ini memerlukan ilmu pengetahuan khususnya ilmu peternakan untuk membantu peternak kecil miskin memanfaatkan dengan baik peluang besar yang muncul.

Sumber : www.tabloidsinartani.com

Comments (0)Add Comment

Write comment

security code
Write the displayed characters


busy