Tentang NTI
Negeri Ternak Indonesia merupakan Organisasi Non Pemerintah yang ingin turut berpartisipasi dalam pengembangan peternaka...
Program: Pemberdayaan Peternak, Riset Peternakan Terapan, Pemasaran Ternak, Investasi untuk Peternak, Akikah Terbaik, Ku...
Special Program: Akikah Terbaik dan Kurban Terbaik.
RSS
May 21
Mewujudkan Populasi 5000 ekor Kambing dan Memberdayakan 500 Peternak Tuban PDF Print E-mail

Alhamdulillahirabil'alamin, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang karena rahmat-NYA kami senantiasa berada dalam semangat menyebar kebaikan. Pelaksanaan Kurban 1435 telah tertunaikan dengan baik, lancar dan sukses, menyisakan kenangan dengan berbagai cerita bahagia karena mampu menjadi sarana terjalinnya nilai nilai persaudaraan antara pekurban dengan masyarakat di desa.

Kurban tahun ini sudah berlalu kini saatnya untuk kembali melanjutkan cita-cita besar untuk menggapai visi membangun dan mengembangkan peternakan lokal melalui inovasi cerdas dibidang peternakan khususnya peternakan kambing domba. Cita-cita besar ini mulai menampakan harapan di akhir tahun ini dimana Negeri Ternak Indonesia yang berkolaborasi dengan Sahabat Ternak dan bersinergi dengan Perhutani KPH Tuban bersepakat untuk menggunakan sebagian lahan perhutani yang dimanfaatkan untuk pengembangan peternakan.

Peternakan yang sedang dibangun ini mengusung ide dan konsep yang sangat jelas, yaitu sebuah usaha pengembangan peternakan yang lebih dari sekedar beternak. Ada dua konsep yang menjadi ide pengembangan peternakan oleh Negeri Ternak Indonesia dan Sahabat Ternak di kota Tuban, yang pertama yaitu konsep edukasi peternakan yang diwujudkan dengan pembangunan area sentra peternakan dengan nama “Sekolah Negeri Ternak” dan yang kedua konsep pemberdayaan peternak yang diwujudkan melalui pembangunan korporasi peternakan rakyat.

Konsep edukasi peternakan melalui pembangunan area sentra peternakan yang didirikan di atas lahan kurang lebih 1 ha, kedepannya area ini akan di gunakan sebagai wilayah inti yang terintegrasi dengan nama “Sekolah Negeri Ternak”, terdiri atas lokal perkandangan yang menjadi fungsi atas kegiatan sekolah lapang peternakan baik untuk belajar beternak, bisnis ternak maupun untuk mempelajari program pemberdayaan masyarakat berbasis ternak. Selain itu juga berfungsi untuk kunjungan wisata maupun riset dibidang peternakan ataupun kegiatan yang terkait.

Konsep pemberdayaan peternak yang diwujudkan melalui pembangunan korporasi peternakan rakyat menuntut komitmen Sahabat Ternak dan Negeri Ternak Indonesia untuk membangun korporasi peternakan rakyat yang terbaik di Indonesia dengan target populasi kambing domba 5.000 ekor yang dapat memberdayakan minimal 500 KK dalam kurun waktu 3 tahun kedepan. Upaya Melibatkan dan menggandeng para peternak lokal mutlak di perlukan mengingat potensi kebutuhan yang sangat tinggi dan potensi peternak “gurem” lokal yang bagus dalam budidaya apabila didampingi dengan baik.

Kedua konsep diatas menjadi motivasi besar yang mendorong kami untuk senantiasa berfikir, bekerja dan mengevaluasi diri setiap saat, karena dalam pandangan dan penilaian kami sektor peternakan di negeri ini masih sangat potensial untuk dikembangkan.

 

Comments (0)Add Comment

Write comment

security code
Write the displayed characters


busy