Tentang NTI
Negeri Ternak Indonesia merupakan Organisasi Non Pemerintah yang ingin turut berpartisipasi dalam pengembangan peternaka...
Program: Pemberdayaan Peternak, Riset Peternakan Terapan, Pemasaran Ternak, Investasi untuk Peternak, Akikah Terbaik, Ku...
Special Program: Akikah Terbaik dan Kurban Terbaik.
RSS
Sep 24
Pelatihan Konservasi Untuk Mitra Pendampingan Program CSR Aqua PDF Print E-mail

NEGERITERNAK.com, Bogor-PT Tirta Investama Pabrik Cianjur selanjutnya disebut Aqua Cianjur selain menjalankan aktivitas bisnisnya juga konsisten dengan kepedulian terhadap kondisi lingkungan yang berada disekitar oparasional perusahaan. Kepedulian ini diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan nyata yang sudah dilaksanakan sejak perusahaan berdiri melalui tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility-CSR. Salah satu kegiatan nyata CSR tersebut adalah kegiatan penghijauan lingkungan atau biasa disebut konservasi. Kegiatan konservasi ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi lingkungan yang semakin memprihatinkan baik kondisi lingkungan di sekitar operasional pabrik Aqua Cianjur maupun di daerah resapan air (recharge area) dimana tutupan lahannya yang kurang dari 30% .

Kondisi semakin berkurangnya jumlah tutupan lahan ini tentu akan memberikan dampak negatif bukan hanya bagi masyarakat namun juga bagi lingkungan itu sendiri. Tanah longsor, banjir, kekeringan, semakin berkurangnya ketersediaan cadangan air tanah menjadi beberapa dampak yang disebabkan oleh semakin berkurangnya tutupan lahan. Hal tersebut disebabkan karena semakin berkurangnya tutupan lahan akan semakin berkurang pula tingkat resapan air ke dalam tanah, mengingat salah satu fungsi tanaman adalah menyerapkan air ke dalam tanah.

Disisi lain, kegiatan konservasi yang dilaksanakan oleh Aqua Cianjur juga melibatkan beberapa mitra pelaksana salah satunya adalah Yayasan Negeri Ternak Indonesia. Adanya kemampuan konservasi yang beragam baik di tim CSR pabrik maupun mitra pelaksana sehingga diperlukan media pelatihan yang bisa menstandarkan pelaksanaan konservasi sekaligus meningkatkan pemahaman tentang strategi konservasi bagi tim CSR pabrik dan mitra pelaksana sehingga dalam pelaksanaan konservasi kedepannya akan lebih efektif dan efisien.

Menjawab kebutuhan tersebut maka Aqua Head Office (HO) yang diwakili oleh Lucy Nawaningtyas selaku SusDev Regional Manager dan Arman Abdurrohman selaku manajer program konservasi sekaligus pemateri pelatihan konservasi menginisiasi pelatihan konservasi selama 2 hari tanggal 11-12 Oktober 2017 bertempat di Aqua site Sentul yang berlokasi di Kawasan Industri Sentul. Pelatihan konservasi ini diikuti salah satunya Yayasan Negeri Ternak Indonesia yang diwakili oleh Abdul Rohim selaku fasilitator lapangan dan Jumadi selaku manajer program.

Pelatihan konservasi ini terdiri dari pemaparan teori dan praktek lapang. Pemaparan teori berupa penjelasan tentang: penggunaan aplikasi google earth untuk membuat peta luasan dan profil area imbuhan termasuk tutupan lahan; cara mengukur jumlah resapan air menggunakan media sumur resapan, waterpond, sumur imbuhan, tampungan air, rorak, lubang biopori, panen air hujan dan plot erosi. Selain pemaparan teori pelatihan konservasi juga diisi dengan praktek lapang berupa membuat dan mengukur luas area di google earth serta memetakan tata guna lahan wilayah sekitar pabrik Aqua Cianjur, membuat alat ukur cuaca sederhana, menghitung curah hujan, praktek menggunakan alat biopori mesin dan manual, menghitung daya serap air lubang biopori dengan ukuran diameter yang berbeda.

Adanya pelatihan konservasi ini telah memberikan ilmu praktis konservasi dan meningkatkan pemahaman standar konservasi Aqua bagi peserta pelatihan terutama mitra pelaksana konservasi sebagai bekal untuk menjalankan, mengawal dan menyajikan data yang tepat dan benar terhadap pelaksanaan program konservasi yang dijalankan oleh Aqua.

“Pelatihan-pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan terutama oleh mitra pelaksana program agar ada standarisasi yang sama antara konsep program yang ada di Aqua dengan pelaksanaan program dilapangan sehingga program dapat berjalan dengan baik sesuai standar yang ditetapkan Aqua untuk kebermanfaatan bagi masyarakat dan lingkungan” ujar Abdul Rohim salah satu peserta pelatihan konservasi.

 

Comments (0)Add Comment

Write comment

security code
Write the displayed characters


busy