Tentang NTI
Negeri Ternak Indonesia merupakan Organisasi Non Pemerintah yang ingin turut berpartisipasi dalam pengembangan peternaka...
Program: Pemberdayaan Peternak, Riset Peternakan Terapan, Pemasaran Ternak, Investasi untuk Peternak, Akikah Terbaik, Ku...
Special Program: Akikah Terbaik dan Kurban Terbaik.
RSS
Aug 15
Aqua Mekarsari Membangkitkan Ekonomi Lokal Berbasis Santri Melalui Program CSR PDF Print E-mail

NEGERITERNAK.COM. Sukabumi—PT. Aqua Golden Misissippi pabrik Mekarsari dalam menjalankan bisnis perusahaannya juga senantiasa berkomitmen dalam melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility-CSR) dalam rangka memberdayakan lingkungan sekitar operasional perusahaan melalui program pemberdayaan masyarakat, yang salah satunya melalui program pendampingan intensif peningkatan ekonomi berbasis santri atau PEBS dengan melibatkan Yayasan Negeri Ternak Indonesia sebagai mitra pendampingan program. Program PEBS menjadikan komunitas pesantren sebagai sasaran program. Program PEBS dilaksanakan di pesantren Shirojuttholibin yang terletak di Kp. Kubang tepat berbatasan dengan panel sumber air pabrik Aqua yaitu sumber Kubang. Program PEBS dimulai sejak tahun 2016 dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 30 orang dan saat ini merupakan program lanjutan untuk tahun ke dua dengan jumlah penerima manfaat bertambah menjadi 50 orang. Program PEBS mengusung pola entrepreuneurship dengan menerapkan konsep pertanian terintegrasi mulai dari hulu ke hilir berbasis peternakan yang mencakup pengembangan peternakan domba sehat, pengolahan kompos, dan pertanian organik menjadi komponen program di tahun pertama. Program PEBS di tahun kedua ini melanjutkan konsep integrasi pertanian tahun pertama berupa pengolahan kotoran domba menjadi bahan bakar alternatif berupa biogas dan menambah komponen program berupa budidaya ikan lele.

Selain aktifitas on farm baik peternakan, pertanian maupun perikanan program PEBS juga dilengkapi dengan aktifitas off farm untuk mendukung aktifitas on farm yang dilakukan. Aktifitas off farm ini berupa kegiatan peningkatan kapasitas komunitas pesantren baik yang mendukung langsung aktifitas on farm seperti pembekalan manajemen pemasaran, pembekalan teknis pemeliharan domba, pertanian sayur organik, perikanan maupun upaya pembenahan tata lingkungan pesantren seperti perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) berupa pengelolaan sampah, penyediaan tempat sampah, penyediaan MCK berseptik tank, pemicuan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) dan lain sebagainya dengan melibatkan pihak Puskesmas Kecamataan Cidahu.

Program PEBS ini juga menjadi percontohan (Pilot Project) untuk program ekonomi berbasis potensi lokal di Mekarsari dan sekitarnya. Adanya program PEBS ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan jiwa wirausaha (entrepreuneur) di kalangan santri, sehingga harapan ke depannya lulusan pesantren Shirojuttholibin ini memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan disamping ilmu agama sebagai bekal terjun di masyarakat.

“Semoga program ini dapat bermanfaat bagi santri shirojuttholibin khususnya dan bagi masyarakat Kp. Kubang Desa Babakanpari umumnya sehingga ke depannya dapat memicu tumbuhnya usaha-usaha lokal yang mandiri dan berkelanjutan” ujar Aziz Kamiludin selaku pendamping lapang.

Ust. Abdul Rosyad Albahtiar selaku pengasuh sekaligus pemilik pesantren Shirojuttholibin senantiasa mengucap rasa syukur kepada Allah SWT dan terimakasih kepada Aqua Golden Mississippi pabrik Mekarsari atas perhatian dan kepedulian terhadap pesantren dengan adanya bantuan program PEBS yang sangat bermanfaat terutama untuk para santri. “Pesantren Shirojuttholibin tidak memungut biaya ke para santri sehingga pengelolaan pesantren minimal kebutuhan operasional harian santri hanya mengandalkan kemampuan saya dan donatur kalo ada sehingga lebih banyak prihatinnya makan cukup dengan sambal saja namun semenjak ada bantuan program dari Aqua, Alhamdulillah sudah mulai ada perbaikan gizi dari hasil budidaya sendiri disamping bekal ilmu kewirausahaan yang tidak ternilai harganya buat pesantren terutama para santri” ucap ust. Abdul Rosyad Albahtiar.

 

Comments (0)Add Comment

Write comment

security code
Write the displayed characters


busy