Tentang NTI
Negeri Ternak Indonesia merupakan Organisasi Non Pemerintah yang ingin turut berpartisipasi dalam pengembangan peternaka...
Program: Pemberdayaan Peternak, Riset Peternakan Terapan, Pemasaran Ternak, Investasi untuk Peternak, Akikah Terbaik, Ku...
Special Program: Akikah Terbaik dan Kurban Terbaik.
RSS
May 21
Pemandirian Ponpes Sirojutthaalibiin Melalui Program CSR Aqua Mekarsari Peningkatan Ekonomi Berbasis Santri PDF Print E-mail

NEGERITERNAK.COM. Sukabumi-Program Peningkatan Ekonomi Berbasis Santri (selanjutnya disebut-PEBS) adalah program yang diinisiasi oleh CSR PT Aqua Golden Mississippi Mekarsari Sukabumi di Pondok Pesantren Sirojutthaalibin Kp. Kubang Desa Babakanpari Kec. Cidahu Kab. Sukabumi. Program ini menjadi salah satu bentuk perwujudan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat yang ada disekitar perusahaan. Program ini dimulai tahun 2016 dalam bentuk pendampingan intensif dengan mitra pelaksana program Yayasan Negeri Ternak Indonesia.

PEBS adalah sebuah program pembinaan kewirausahaan santri melalui usaha peternakan, pertanian organik dan budidaya ikan lele. Tujuannya adalah menumbuh kembangkan jiwa entrepreneurship di kalangan santri sehingga harapan ke depannya lulusan pesantren ini selain mendapat bekal pengetahuan terutama ilmu agama, sekaligus bekal keterampilan wirausaha.

Tahun 2017 menjadi tahun kedua program PEBS dan telah melaksanakan berbagai kegiatan sesuai perencanaan awal sampai pada aktivitas penutup yakni seremonial serah terima program. Dalam acara serah terima program yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Sirojutthaalibin, Manager SR-CSR Andi Suhandi menjelaskan bahwa pada tahun 2016 program ini menfokuskan pada usaha peternakan domba yang diintegrasikan dengan pertanian organik,yang kemudian dilanjutkan dengan pengembangan pemanfaatan dan pengelolaan kotoran domba menjadi Biogas dan ada juga pengembangan budidaya ikan lele ditahun 2017. Sementara pendamping program Aziz Kamiludin menambahkan selain kegiatan pengembanagn usaha yang terintegrasi antara peternakan, pertanian dan perikanan, program ini juga memberi perhatian khusus pada kondisi sanitasi lingkungan pondok pesantren dengan menyediakan sarana MCK yang layak untuk para santri dan pembekalan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan menggandeng pihak Puskesmas Cidahu.

Kegiatan seremonial serah terima program dihadiri oleh perwakilan pemerintah Desa Babakanpari, Camat Cidahu, Puskesmas dan Kapolsek Cidahu. “Program ini dapat menjadi pembelajaran bagi program-program pemberdayaan ekonomi yang lain, selama dua tahun berjalan, terlihat perkembangan yang baik. Kami berharap generasi santri kedepan bukan hanya pandai berdakwah dan mengaji juga pandai berwirausaha, hal ini juga diperlukan sebagai bekal ibadah didunia ini” Tutur Ading Ismail, Camat Cidahu.

H. Agus salah seorang tokoh masyarakat setempat berharap Ponpes Sirojutthaalibin dapat membagikan ilmu tentang peternakan dan budidaya lele ini ke masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Kp Kubang. Sementara itu, Sanitarian Puskesmas Cidahu Novi A.G. berpesan kepada santri Ponpes Sirojuthaalibin agar tetap disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan Pondok Pesantren.

Diakhir acara dilaksanakan penandatanganan berita acara dan piagam serah terima program PEBS oleh perwakilan PT Aqua Golden Mississippi Mekarsari dan pimpinan pondok pesantren dilanjutkan penyerahan program secara simbolik oleh PT Aqua Golden Mississippi kepada Pondok Pesantren Sirojutthaalibin. “Ini adalah amanah kami, insya Allah kami akan menjalankan program ini sehingga kedepannya bisa lebih berkembang lagi”, tutur Ustadz Rosyad selaku pimpinan Pondok Pesantren Sirojutthalibin.

 

Comments (0)Add Comment

Write comment

security code
Write the displayed characters


busy