Tentang NTI
Negeri Ternak Indonesia merupakan Organisasi Non Pemerintah yang ingin turut berpartisipasi dalam pengembangan peternaka...
Program: Pemberdayaan Peternak, Riset Peternakan Terapan, Pemasaran Ternak, Investasi untuk Peternak, Akikah Terbaik, Ku...
Special Program: Akikah Terbaik dan Kurban Terbaik.
RSS
Jan 26
YNTI MENDAPAT PENGHARGAAN SEBAGAI PENGGERAK PERTANIAN SEHAT DAN RAMAH LINGKUNGAN PDF Print E-mail

NEGERITERNAK.com. Sukabumi, September 2019. Kelompok Tani Sri Asih Sehat Desa Caringin Kec. Cicurug melakukan kunjungan ke Nusantara Organic Sri Center (NOSC) yang berlokasi kec. Nagrak Sukabumi dalam rangka menimba ilmu pertanian sehat dan ramah lingkungan. Kunjungan ini merupakan bagian dari program kerja pendampingan petani penerima manfaat program Integrated Farming System (IFS) kemitraan PT. Aqua Golden Mississippi Mekarsari dengan Yayasan negeri Ternak Indonesia.

Dalam Kunjungan ini, para petani diberi penjelasan tentang company profile serta kegiatan yang dilakukan di NOSC dalam melakukan pertanian organik. Selanjutnya disampaikan pemaparan materi inti tentang pertanian organik dan aktivitas yang mendukung seperti cara membuat Mikro Organisme Lokal (MOL), Pupuk Organik Cair (POC) dan Kompos. Tidak hanya mendapatkan teori saja para petani juga langsung diajak mempraktekannya dengan bahan bahan yang sudah disiapkan. Bahan-bahan yang digunakan pun ternyata sangat banyak dijumpai disekitar tepat tinggal petani seperti buah maja, nasi sisa, sabut kelapa, sisa atau limbah sayuran, bonggol pisang, keong dan bahan lainnya. Para petani sangat antusias mendengarkan dan merespon setiap pemaparan yang diberikan oleh pihak NOSC.

Azis Kamiludin selaku koordinator pendamping program Yayasan Negeri Ternak Indonesia menyatakan “Kadatangan kami dalam rangka memberikan pengetahuan kepada petani agar petani yang selama ini menggunakan system pertanian konvesional berlaih menuju pertanian organic. Adanya kunjungan ini diharapkan bisa merubah mindset petani dan merubah pola pertanian yang selama ini dijalankan dari pertanian yang mencemari lingkungan menjadi bertani sehat tanpa menggunakan bhan kimia”

Cacas Suwarna selaku Manajer CSR PT. AQUA Golden Mississippi Mekarsari, menyampaikan harapan terwujudnya lingkungan yang sehat melalui system bertani yang organic “Kami berharap program ini dapat mewujudkan lingkungan dan masyarakat yang sehat serta dapat membantu para petani untuk memiliki pendapatan yang layak dari hasil bertaninya”

Abdul Cholik selaku Ketua Kelompok Tani Sri Asih menambahkan ”Dengan adanya kunjungan ini kami bisa belajar tentang bagaimana cara budidaya pertanian oganik khususnya tanaman padi, dengan mengikuti pelatihan ini menjadi pemicu bagi anggota lain agar mau berubah dari pertanian yang tidak ramah lingkungan menuju pertanian sehat. Kami berkomitmen menerapkan pertanian sehat ini diawali dari kelompok kami terlebih dahulu setelah itu kami akan sampaikan kepada masyarakat luas bahwa dengan bertani organik lingungan sehat badanpun sehat.

Sementara Iwan Setiaji selaku pengelola Nusantara Organic SRI Center (NOSC) menyatakan “Dengan mengubah cara bertani konvesional yang mencemari lingkungan dan membahayakan bagi kesehatan manusia dengan beralih ke pertanian organic sangat banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan diantara memperbaiki sifat sifat tanah, tidak mencemari ligkungan dan tentunya sahat dan aman jika dikonsumsi oleh manusia”.

Dalam kesempatan yang sama, pihak NOSC yang diwakili oleh Iwan Setiaji memberikan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada Yayasan Negeri Ternak Indonesia yang dinilai telah ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam merubah pertanian konvensional menjadi pertanian sehat dan dan ramah lingkungan.

 

Comments (0)Add Comment

Write comment

security code
Write the displayed characters


busy