Tentang NTI
Negeri Ternak Indonesia merupakan Organisasi Non Pemerintah yang ingin turut berpartisipasi dalam pengembangan peternaka...
Program: Pemberdayaan Peternak, Riset Peternakan Terapan, Pemasaran Ternak, Investasi untuk Peternak, Akikah Terbaik, Ku...
Special Program: Akikah Terbaik dan Kurban Terbaik.
RSS
Jul 7
Kabar
AQUA MEKARSARI MENDUKUNG PROGRAM KETAHANAN PANGAN NASIONAL MELALUI PENDAMPINGAN KELOMPOK TANI SEHAT PDF Print E-mail

NEGERITERNAK.COM-Akibat adanya pandemi Covid 19 yang masih berlangsung hingga saat ini, Food Agriculture Organitation (FAO) mengingatkan munculnya potensi krisis pangan dunia. Sebagai bentuk kontribusi dalam memperkuat ketahanan pangan nasional, PT Aqua Golden Mississippi Plant Mekarsari bersama mitra Pendampingan Program Negeri Ternak Indonesia (YNTI) saat ini sedang menjalankan program Kampung Lestari Mandiri yang aktivitas programnya berkaitan erat dengan budidaya pangan baik itu budidaya padi sehat, budidaya sayuran sehat, Budidaya lele dan juga budidaya jamur. Pelaksanaan Program Kampung Lestari Mandiri saat ini tersentral di Kampung Papisangan Desa Caringin Kecamatan Cicurug Sukabumi.

Tepat pada hari Rabu tanggal 24 Juni 2020 bertempat di lokasi Sentra Pengembangan Usaha Tani Kampung Papisangan Desa Caringin dilaksanakan kegiatan seremoni penanaman demplot padi sehat dan pelepasan benih ikan lele di kolam bioflok. Kegiatan seremoni ini melibatkan muspika Kecamatan Cicurug yang dihadiri oleh Camat Cicurug, Danramil 0713 Cicurug dan pihak Polsek Cicurug. Selain itu juga dihadiri oleh Kepala Desa Caringin, Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Cicurug, Kelompok Tani Sehat Sri Asih 2 dan masyarakat Kampung Papisangan Desa Caringin serta santri dan santriwati Pondok pesantren dampingan program.

Budi Raharjo, selaku manager program Aqua Head Office dalam sambutannya mengatakan Program Kampung Lestari selain untuk meningkatan ekonomi petani melalui budidaya padi sehat dan budidaya lele bioflok juga sekaligus sebagai wadah belajar petani yang nantinya akan ditularkan kepada petani yang lain. Selain itu, program ini juga melibatkan pesantren dalam kegitan budidaya sayuran sehat, budidaya lele bioflok dan produksi makanan olahan sehingga kedepannya menjadi pesantren mandiri secara ekonomi dan berwawasan kewirausahaan. Pada prinsipnya bantuan program Aqua sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga diharapkan masyarakat atau para petani penerima manfaat program mampu memicu masyarakat lain untuk ke depannya bersama mengembangkan program ini.

Sementara Wawan Godawan, Camat Cicurug mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Aqua Mekarsari yang telah memberikan bantuan program kepada masyarakat dalam rangka mendukung ketahanan pangan melalui pendampingan kepada anggota kelompok tani. Selain hal tersebut pelibatan santri dan santriwati pondok pesantren dalam program juga sangat penting untuk menumbuhkan kecintaan pada dunia pertanian yang saat ini semakin hilang dari generasi muda kita.

Iik Suryadi, selaku Kepala Desa Caringin mengatakan sangat mendukung program yang dijalankan Aqua di Desa Caringin. “Alhamdulilah dengan adanya program ini anggota kelompok tani dan masyarakat caringin pada umumnya menambah wawasan dan keterampilan baru sehingga menambah kemandirian dalam ekomoni dan mampu mengajak dan menularkan ilmu yang didapat kepada masyarakat yang lain.

Sedangkan Ridwan, Ketua Balai Penyeluh Pertanian (BPP) Kecamatan Cicurug mengatakan adanya jalinan sinergi program dengan pihak BPP memungkinkan untuk selalu mendapatkan update dan perkembangannya pertanian di Kampung Papisangan maupun Desa Caringin secara umum. “Kami dari BPP siap meneruskan jalinan sinergi ini melalui penyluhan dan bimbingan kepada para petani.

Sementara itu Komandan Rayon Mililter 0713 Cicurug, mengatakan “Semoga dengan adanya program Kampung Lestari Mandiri mampu mendukung program pemerintah dalam ketahan pangan nasional, kami dari Koramil 0713 Cicurug siap membangun sinergi kegiatan di lapangan untuk mewujudkan program ketahan pangan pemerintah.

Sebagai penutup, Abdul Cholik selaku Ketua Kelompok Tani Sri Asih 2 sekaligus pimpinan Ponpes Umdatul Falah menyampaikan terima kasih kepada Aqua Mekarsari yang telah memberikan bantuan dan pendampingan program kepada kelompok tani dan Pesantren Umdatul Falah. Menurutnya bantuan pendampingan program ini sangat bermanfaat terutama untuk anggota kelompok, santri dan santriwati serta masyarakat Kampung Papisangan pada umumnya. Dengan adanya dukungan dari banyak pihak Abdul Cholik sangat optimis dapat menjalankan program ini dengan sebaik-baiknya. -MRA-

 

 

 
PANEN PADI SEHAT IKHTIAR PANGAN POKTAN MEKAR SAJIWA DI TENGAH WABAH CORONA PDF Print E-mail

NEGERITERNAK.COM-Program pertanian sehat yang diinisiasi oleh PT Aqua Golden Mississippi Plant Mekarsari di bawah mitra  pendampingan program Negeri Ternak Indonesia (NTI) yang dimulai pada tahun 2018 di Desa Caringin Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi telah menumbuhkan kesadaran akan pentingnya konsumsi pangan/ beras sehat terutama bagi Kelompok Tani Mekar Sajiwa dan Kelompok Tani Sri Asih 2.

Tumbuhnya kesadaran tersebut menjadi motivasi bagi anggota kelompok untuk terus menerapkan pola pertanian padi sehat di sawah mereka sehingga sampai saat ini mereka masih menjaga keberlanjutan sistem pertanian sehat dikedua kelompok tani tersebut. Produktivitas padi sehat yang dihasilkan pun menunjukan tren yang meningkat yaitu melalui pengukuran pada setiap panen yang dilakukan oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Cicurug.

Pengukuran terbaru dilaksanakan oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Cicurug pada saat panen padi sehat di sawah anggota kelompok Mekar Sajiwa di Kampung Cisaat Desa Caringin pada hari Senin tanggal 20 April 2020. Panen padi sehat ini selain dihadiri oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Cicurug  juga hadir dari pihak Kecamatan Cicurug yaitu Camat Cicurug Wawan Gondawan dan Halimi Kasi Pemberdayaan Masyarakat.Selain itu panen padi sehat ini juga dihadiri oleh tim CSR PT Aqua Golden Mississippi Plant Mekarsari, tim pendampingan program Negeri Ternak Indonesia dan juga unsur masyarakat lainnya.

Sistem padi sehat ini diharapkan dapat dilaksanakan oleh petani-petani di Kecamatan Cicurug. Hal itu disampaikan oleh Wawan Gondawan selaku Camat Cicurug saat memantau proses panen padi sehat di Kelompok Tani Mekar Sajiwa. Selain itu, beliaupun menyampaikan bahwa dalam kondisi wabah Covid 19 ini, padi sehat selain untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat tetapi juga untuk memastikan stok padi harus tetap terjaga sehingga kebutuhan pangan baik secara regional maupun nasional tetap terpenuhi.(AK)

 
AQUA CIANJUR KONSISTEN MEMBANGUN SARANA AIR BERSIH UNTUK MASYARAKAT PDF Print E-mail

NegeriTernak.com-Air bersih merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat, banyak daerah yang mengalami kesulitan air bersih diantaranya di Desa Gekbrong, Desa Cikahuripan dan Desa Sukaratu Kec. Gekbrong- Cianjur. Sumur-sumur milik warga airnya tidak layak minum dan keruh yang menurut penuturan warga disebabkan oleh rembesan limbah dari aktivitas penambangan pasir, selain itu kekeringan juga dikarenakan sumur milik warga yang mengering terutama di musim kemarau.

Sehingga untuk mandi, cuci dan kebutuhan lainnya masyarakat selain menggunakan air sumur yang kotor ada juga terpaksa menggunakan air dari sungai. Meski air di sungai tersebut sudah terkontaminasi buangan limbah tambang dan tidak terjaminnya kehigienisannya bagi kesehatan.

Peduli dengan kondisi masyarakat yang kekurangan air bersih Aqua Plant Cianjur dengan Program Water Access Sanitation and Hygiene (WASH) konsisten mempertahankan kepeduliannya bergerak di bidang sosial salah satunya memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat Gekbrong yang bekerjasama dengan Yayasan Negeri Ternak Indonesia (YNTI).

Abdul Rohim, Yayasan Negeri Ternak Indonesia” Pengadaan sarana air bersih dilakukan dengan cara membangun sumur bor dan tower air dengan kapasitas 2000 liter. Bantuan pembangunan sarana air bersih tahun 2019 ini dilaksanakan di Kp. Jati sari Desa Cikahuripan, Kp. Cibeleung Desa Sukaratu, Kp. Lapang, Kp. Jati serta di PAUD Analika 8 Desa Gekbrong”.

Jarot Pratoyo, PT. Tirta Investama (Aqua Plant Cianjur)” Penyaluran air bersih atau pembuatan sarana air bersih merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Aqua untuk masyarakat Cianjur. Tentunya penyaluran air besih ini akan dilakukan secara berkesinambungan. Dengan dibangun dan diresmikannya sarana air yang berada di Desa Gekbrong dan Desa Sukaratu menjadi perwujudan dari CSR Aqua Cianjur. Tujuannya agar aqua dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar”.

Wawan Setiawan, Kasi Layanan Umum Kec. Gekbrong “Mewakili Pemerintah Kecamatan Gekbrong saya mengucapkan terimakasih kepada Aqua Cianjur yang telah membangun sarana air bersih kepada masyarak kami semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sehingga pembangunan sarana air bersih ini bisa dilakukan secara berkelanjutan”.

Asep Roswandi, Kasi Desa Sukaratu “ Dengan dibangunnya sarana air bersih yang berada diwilayah kami ini tentunya sangat bermanfaat bagi warga semoga dengan ada bantuan ini kebutuhan air bersih dapat tercukupi dan tidak ada warga menjadi sehat.

Candra, Warga Kampung Jati Sari “Mewakili seluruh warga yang mendapatkan air bersih, saya Mengucapkan terimakasih banyak kepada Aqua Cinajur yang telah meberikan sarana air bersih bagi masyarakat. Sekarang sudah enak. Mau mandi, air udah ada. Mau nyuci, air udah ada. Air bersih sudah bisa masuk kedalam toilet rumah,”pungkasnya.(ib)

 

 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  Next 
  •  End 
  • »


Page 1 of 7