Tentang NTI
Negeri Ternak Indonesia merupakan Organisasi Non Pemerintah yang ingin turut berpartisipasi dalam pengembangan peternaka...
Program: Pemberdayaan Peternak, Riset Peternakan Terapan, Pemasaran Ternak, Investasi untuk Peternak, Akikah Terbaik, Ku...
Special Program: Akikah Terbaik dan Kurban Terbaik.
RSS
Jun 18
Visi dan Misi PDF Print E-mail

Inspirasi

Indonesia adalah negara agraris. Tidak kurang dari 60% dari total penduduknya hidup dari sektor pertanian dan bekerja sebagai petani, pekebun, peternak dan nelayan. Sekitar 4,3 juta kepala keluarga merupakan petani-peternak yang menopang 90% dari kebutuhan daging nasional.

Dari sektor peternakan, pemenuhan kebutuhan daging dalam negeri masih terus mengimpor dari negara lain setiap tahunnya. Dalam kurun lima tahun terakhir, sekitar 30% pasokan daging atau sekitar 70.000 ton harus diimpor setiap tahunnya.

Disisi lain, pertumbuhan populasi peternakan Indonesia cukup lambat. Disamping kualitas genetik ternak yang terancam penggerusan dengan adanya seleksi negatif, pola beternak dan kapasitas peternak dalam menjalankan peternakannya masih bertahan pada cara-cara konvensional. Hal ini menjadikan kualitas, kuantitas, dan kontinyuitas produk ternak tidak terjaga.

Padahal beternak adalah salah satu warisan pencaharian atau sistem penyimpanan harta keluarga yang sudah teruji dari generasi ke generasi. Bahkan seringkali menjadi alternatif penyelamat yang paling baik petani-peternak dalam keadaan darurat ekonomi. seperti kebutuhan mendesak, kegagalan panen, dan kondisi iklim kemarau disaat produksi pertanian yang lain tidak mampu menghasilkan.

Hal-hal tersebut di atas menjadi inspirasi untuk turut menggerakkan pengembangan peternakan rakyat Indonesia agar lebih dapat bersaing baik di pasar dalam negeri dan pada suatu saat menjadi kekuatan peternakan di dunia.

Visi

Turut Menciptakan Peternakan Indonesia yang maju dan mandiri menuju kehidupan yang sehat dan sejahtera.

Misi

Membangun sinergi yang setara, saling mendukung, dan saling menguntungkan diantara pelaku-pelaku peternakan sebagai upaya mengembang-manfaatkan sumberdaya peternakan di Indonesia dalam sistem pertanian-peternakan mandiri yang ramah dan lestari.

  1. Peningkatan kualitas kesejahteraan kehidupan keluarga Petani-Peternak

  2. Membangun hubungan yang setara, saling mendukung dan menguntungkan diantara pelaku-pelaku peternakan.

  3. Mengembang-manfaatkan sumberdaya ternak di Indonesia.

Dalam melakukan geraknya NTI berkomitmen untuk menyambung jaringan pelaku-pelaku peternakan baik kelompok peternak, perusahaan swasta, pemerintah, dan Asosiasi profesi dan berbagai lembaga non pemerintahan yang concern terhadap pengembangan peternakan di Indonesia.

Comments (0)Add Comment

Write comment

security code
Write the displayed characters


busy