Program Pendampingan UMKM Terintegrasi di Sukabumi Tahun 2019

 Program Pendampingan UMKM Terintegrasi di Sukabumi Tahun 2019

Tahun 2019, Yayasan Negeri Ternak Indonesia kembali melanjutkan kerjasama dan bermitra dengan PT. Aqua Golden Mississippi Pabrik Mekarsari Sukabumi menjadi mitra pendampingan masyarakat pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Program UMKM Terintegrasi yaitu program yang menggabungkan tiga program di tahun sebelumnya yaitu program peningkatan ekonomi berbasis santri, program pengembangan pertanian sehat dan program pendampingan Koperasi Lestari Mandiri Cicurug.

Secara konsep, pelaksanaan teknis aktivitas kegiatan program pendampingan masih berjalan sesuai kebutuhan masing-masing program hanya saja kegiatan atau keluaran program yang saling beririsan diintegrasikan dalam satu pengelolaan.

Nilai integrasi yang dikembangkan yaitu mensentralkan peran Koperasi Lestari Mandiri Cicurug sebagi wadah bagi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah yang di dalamnya termasuk unit usaha pesantren dan juga pertanian sehat.

Produk-produk baik produk makanan ringan yang diproduksi unit usaha pesantren dan produk beras sehat Sajiw yang dihasilkan Kelompok Tani akan juga dipasarkan melalui Koperasi Lestari Mandiri Cicurug termasuk suplay pengadaan bahan baku maupun benih padi yang dibutuhkan.