Panen Padi Sehat Ikhtiar Pangan Poktan Mekar Sajiwa Di Tengah Wabah Corona

 Panen Padi Sehat Ikhtiar Pangan Poktan Mekar Sajiwa Di Tengah Wabah Corona

NEGERITERNAK.COM – Program pertanian sehat yang diinisiasi oleh PT Aqua Golden Mississippi Plant Mekarsari di bawah mitra  pendampingan program Negeri Ternak Indonesia (NTI) yang dimulai pada tahun 2018 di Desa Caringin Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi telah menumbuhkan kesadaran akan pentingnya konsumsi pangan/ beras sehat terutama bagi Kelompok Tani Mekar Sajiwa dan Kelompok Tani Sri Asih 2.

Tumbuhnya kesadaran tersebut menjadi motivasi bagi anggota kelompok untuk terus menerapkan pola pertanian padi sehat di sawah mereka sehingga sampai saat ini mereka masih menjaga keberlanjutan sistem pertanian sehat dikedua kelompok tani tersebut. Produktivitas padi sehat yang dihasilkan pun menunjukan tren yang meningkat yaitu melalui pengukuran pada setiap panen yang dilakukan oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Cicurug.

Pengukuran terbaru dilaksanakan oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Cicurug pada saat panen padi sehat di sawah anggota kelompok Mekar Sajiwa di Kampung Cisaat Desa Caringin pada hari Senin tanggal 20 April 2020. Panen padi sehat ini selain dihadiri oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Cicurug  juga hadir dari pihak Kecamatan Cicurug yaitu Camat Cicurug Wawan Gondawan dan Halimi Kasi Pemberdayaan Masyarakat.Selain itu panen padi sehat ini juga dihadiri oleh tim CSR PT Aqua Golden Mississippi Plant Mekarsari, tim pendampingan program Negeri Ternak Indonesia dan juga unsur masyarakat lainnya.

Sistem padi sehat ini diharapkan dapat dilaksanakan oleh petani-petani di Kecamatan Cicurug. Hal itu disampaikan oleh Wawan Gondawan selaku Camat Cicurug saat memantau proses panen padi sehat di Kelompok Tani Mekar Sajiwa. Selain itu, beliaupun menyampaikan bahwa dalam kondisi wabah Covid 19 ini, padi sehat selain untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat tetapi juga untuk memastikan stok padi harus tetap terjaga sehingga kebutuhan pangan baik secara regional maupun nasional tetap terpenuhi.(AK)