Aqua Mekarsari Mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional Melalui Pendampingan Kelompok Tani Sehat

 Aqua Mekarsari Mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional Melalui Pendampingan Kelompok Tani Sehat

NEGERITERNAK.COM – Akibat adanya pandemi Covid 19 yang masih berlangsung hingga saat ini, Food Agriculture Organitation (FAO) mengingatkan munculnya potensi krisis pangan dunia. Sebagai bentuk kontribusi dalam memperkuat ketahanan pangan nasional, PT Aqua Golden Mississippi Plant Mekarsari bersama mitra Pendampingan Program Negeri Ternak Indonesia (YNTI) saat ini sedang menjalankan program Kampung Lestari Mandiri yang aktivitas programnya berkaitan erat dengan budidaya pangan baik itu budidaya padi sehat, budidaya sayuran sehat, Budidaya lele dan juga budidaya jamur. Pelaksanaan Program Kampung Lestari Mandiri saat ini tersentral di Kampung Papisangan Desa Caringin Kecamatan Cicurug Sukabumi.

Tepat pada hari Rabu tanggal 24 Juni 2020 bertempat di lokasi Sentra Pengembangan Usaha Tani Kampung Papisangan Desa Caringin dilaksanakan kegiatan seremoni penanaman demplot padi sehat dan pelepasan benih ikan lele di kolam bioflok. Kegiatan seremoni ini melibatkan muspika Kecamatan Cicurug yang dihadiri oleh Camat Cicurug, Danramil 0713 Cicurug dan pihak Polsek Cicurug. Selain itu juga dihadiri oleh Kepala Desa Caringin, Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Cicurug, Kelompok Tani Sehat Sri Asih 2 dan masyarakat Kampung Papisangan Desa Caringin serta santri dan santriwati Pondok pesantren dampingan program.

Budi Raharjo, selaku manager program Aqua Head Office dalam sambutannya mengatakan Program Kampung Lestari selain untuk meningkatan ekonomi petani melalui budidaya padi sehat dan budidaya lele bioflok juga sekaligus sebagai wadah belajar petani yang nantinya akan ditularkan kepada petani yang lain. Selain itu, program ini juga melibatkan pesantren dalam kegitan budidaya sayuran sehat, budidaya lele bioflok dan produksi makanan olahan sehingga kedepannya menjadi pesantren mandiri secara ekonomi dan berwawasan kewirausahaan. Pada prinsipnya bantuan program Aqua sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga diharapkan masyarakat atau para petani penerima manfaat program mampu memicu masyarakat lain untuk ke depannya bersama mengembangkan program ini.

Sementara Wawan Godawan, Camat Cicurug mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Aqua Mekarsari yang telah memberikan bantuan program kepada masyarakat dalam rangka mendukung ketahanan pangan melalui pendampingan kepada anggota kelompok tani. Selain hal tersebut pelibatan santri dan santriwati pondok pesantren dalam program juga sangat penting untuk menumbuhkan kecintaan pada dunia pertanian yang saat ini semakin hilang dari generasi muda kita.

Iik Suryadi, selaku Kepala Desa Caringin mengatakan sangat mendukung program yang dijalankan Aqua di Desa Caringin. “Alhamdulilah dengan adanya program ini anggota kelompok tani dan masyarakat caringin pada umumnya menambah wawasan dan keterampilan baru sehingga menambah kemandirian dalam ekomoni dan mampu mengajak dan menularkan ilmu yang didapat kepada masyarakat yang lain.

Sedangkan Ridwan, Ketua Balai Penyeluh Pertanian (BPP) Kecamatan Cicurug mengatakan adanya jalinan sinergi program dengan pihak BPP memungkinkan untuk selalu mendapatkan update dan perkembangannya pertanian di Kampung Papisangan maupun Desa Caringin secara umum. “Kami dari BPP siap meneruskan jalinan sinergi ini melalui penyluhan dan bimbingan kepada para petani.

Sementara itu Komandan Rayon Mililter 0713 Cicurug, mengatakan “Semoga dengan adanya program Kampung Lestari Mandiri mampu mendukung program pemerintah dalam ketahan pangan nasional, kami dari Koramil 0713 Cicurug siap membangun sinergi kegiatan di lapangan untuk mewujudkan program ketahan pangan pemerintah.

Sebagai penutup, Abdul Cholik selaku Ketua Kelompok Tani Sri Asih 2 sekaligus pimpinan Ponpes Umdatul Falah menyampaikan terima kasih kepada Aqua Mekarsari yang telah memberikan bantuan dan pendampingan program kepada kelompok tani dan Pesantren Umdatul Falah. Menurutnya bantuan pendampingan program ini sangat bermanfaat terutama untuk anggota kelompok, santri dan santriwati serta masyarakat Kampung Papisangan pada umumnya. Dengan adanya dukungan dari banyak pihak Abdul Cholik sangat optimis dapat menjalankan program ini dengan sebaik-baiknya. -MRA-