Program Pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas di Cianjur Tahun 2020

 Program Pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas di Cianjur Tahun 2020

Tahun 2020, Yayasan Negeri Ternak Indonesia bekerjasama dan bermitra dengan PT. Tirta Investama (AQUA) Pabrik Cianjur. Menjadi mitra pendampingan program Corporate Social Responsibility (CSR) Program Pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas yang kegiatan utamanya dilakukan di Kp. Jati Desa Gekbrong melalui pembentukan kelembagaan local pengelola sampah “Kp. Jati Berseri”.

Program penanganan sampah berbasis komunitas oleh PT. Tirta Investama (AQUA) Pabrik Cianjur merupakan program lingkungan yang menyasar aspek edukasi untuk membangun kesadaran dan perubahan perilaku bijak berplastik masyarakat, melalui pengelolaan sampah rumah tangganya. Implementasi program mencakup, sosialisasi dan pembentukan kelembagaan lokal pengelola sampah, Edukasi pengelolaan sampah seperti pelatihan pemilahan sampah rumah tangga, pelatihan komposting sampah organik yang diaplikasikan ke kebun sayuran sehat, edukasi bijak berplastik di masyarakat, edukasi bijak berpalstik secara dini yang menyasar anak usia sekolah serta pembuatan media edukasi. Untuk mendukung implementasi pengelolaan sampah disediakan sarana pengelolaan sampah seperti tempat pemilah sampah dapur, tempat sampah komunal, gerobak angkut sampah, penataan lingkungan melalui gerak jumat bersih dan juga pendataan volume sampah plastic terpilah baik di masyarakat maupun di collection point.

Kegiatan edukasi bijak berplastik di masyarakat melibatkan 245 KK dan edukasi bijak berplastik kepada anak-anak usia sekolah melibatkan 400 anak yang tersebar di Kp. Jati, Kp lapang, Kp. Pasir Tulang, Kp. Pasir Cina Desa Gekbrong dan Kp. Jatisari Desa Cikahuripan serta Desa Cikancana dan Desa Sukaratu. Kegiatan pemilahan sampah plastic yang dilakukan komunitas mengumpulkan 0,92 ton sampah terpilah dengan rincian plastik 0,351 ton, PET 0,076 ton, HDPE 0,028 ton, PP Cup 0,269 ton dan karton 0,194 ton. Sementara hasil pendataan pengumpulan sampah plastic di 2 (dua) Collection Point sebanyak 299,4 ton dengan rincian plastik 14,989 ton, PET 28,07 ton, HDPE 38,313 ton, PP Cup 17,511 ton dan karton 200,511 ton.