Kunjungan dari Tim Kampoong Hening ke Pesantren Sirajuthalibin

 Kunjungan dari Tim Kampoong Hening ke Pesantren Sirajuthalibin

NEGERITERNAK.COM. Ahad, 12 Juli 2020 tiga orang pimpinan Kampoong Hening berkunjung ke pesantren Sirajuthalibin, Kp. Kubang Desa Babakanpari, Cidahu, Sukabumi. Pesantren ini selama empat tahun menjadi bagian program pemberdayaan yang didampingi oleh Negeri Ternak Indonesia kerjasama dengan CSR PT AGM.

Tim Kampoong Hening (KH) terdiri dari Ibu Sofie Beatrix, sebagai CEO; Bapak Jamil Azzaini sebagai Pembina dan Bapak Teguh Arif sebagai Leader Program Pemberdayaan. Tujuan kunjungan adalah untuk melakukan penjajagan kolaborasi dalam program pemberdayaan masyarakat, karena KH akan mengembangkan program-programnya di wilayah sekitar Cidahu.

Rombongan diterima oleh pimpinan pesantren, Ustadz Abdul Rosyadi Al Bachtiar. Beliau memaparkan bahwa selain dibidang Pendidikan sebagai aktivitas utamanya, pesantren sedang mengembangkan kegiatan kemandirian santri dengan kegiatan usaha (entrepreneur).

Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan adalah pemeliharaan peternakan domba, biogas, pertanian sayur mayur, keripik singkong, dan yang paling laku saat ini adalah minuman instan Rotunda dari ramuan empon temu kunci. Rencananya juga akan membuka warung bubur ayam, karena lokasi pesantren yang dekat dengan beberapa pabrik besar sehingga potensi karyawan sebagai pembeli cukup besar.

Kampoong Hening mengapresiasi kegiatan pemberdayaan yang telah dilakukan dan akan menindaklanjuti dengan beberapa kegiatan yang bisa dikerjasamakan. Khususnya akan membantu pengembangan jaringan pasar pada produk-produk yang lainnya juga seperti kompos, pupuk organic cair, stik bayam, stik ubi, berbagai produk sayuran, dan juga beras sehat “Sajiwa” yang sudah dikemas dengan baik. [pur]