Program WASH dan Pencegahan Stunting Terintegrasi di Cianjur Tahun 2021

 Program WASH dan Pencegahan Stunting Terintegrasi di Cianjur Tahun 2021

Tahun 2021, Yayasan Negeri Ternak Indonesia kembali bekerjasama dan bermitra dengan PT. Tirta Investama (AQUA) Pabrik Cianjur. Menjadi mitra pendampingan program Corporate Social Responsibility (CSR) Program Water Access, Sanitation and Hygiene-WASH dan Pencegahan Stunting Terintegrasi yang dilakukan di 2 lokasi yaitu:

1). Kp. Babakan Desa Gekbrong

2). Kp. Gekbrong Desa Gekbrong

Program Water Access, Sanitation and Hygiene-WASH dan Pencegahan Stunting Terintegrasi Tahun 2021 tidak lepas dari komitmen Aqua Cianjur dalam menyediakan akses air bersih kepada masyarakat sekitar perusahaan sebagai bentuk implementasi tanggungjawab sosial perusahaan. Berdasarkan data Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menerangkan Jawa Barat mengalami kekeringan yang melanda di 496 desa, 176 kecamatan dan 27 kabupaten/kota sehingga berdampak kepada 936.328 jiwa penduduk. Kab. Cianjur menjadi salah satu wilayah darurat kekeringan dua diantaranya Kp. Babakan dan Kp Gekbrong Desa Gekbrong.

Selain permasalahan kekeringan, Indonesia menjadi salah satu negara yang menghadapi permasalahan stunting yaitu pada posisi urutan ke 5 di dunia dan urutan ke 2 di Asia Tenggara. Prevalensi stunting diangka 27,67% / 6,3 juta dari 23 juta balita (SSGBI, 2019). Sementara Kabupaten Cianjur sendiri ada diposisi ke-3 dari 13 kabupaten/kota di Jawa Barat dengan angka prevalensi stunting 35,7%

Adanya 2 permasalahan tersebut di atas, yaitu akses air bersih dan stunting yang ada di wilayah kabupaten Cianjur mendorong PT Tirta Investama Cianjur menginisiasi Program WASH dan Pencegahan Stunting Terintegrasi yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2013 dan mulai tahun 2020 Program WASH diintegrasikan dengan program pencegahan Stunting. Inisiasi Program WASH dan Pencegahan Stunting Terintegrasi sebagai bentuk komitmen Aqua untuk turut serta mensukseskan SDG’s terutama point ke-2 (Zero Hunger), point ke-3 (Good Health & Well Being), point ke-4 (Quality Education) dan point ke-6 (Clean Water & Sanitation).